Rabu, 07 Juli 2010

=
AKTIFITAS KOMUNIKASI
DAN SITUS JEJARING SOSIAL
Hasyim Ali Imran

Pendahuluan
Aktifitas komunikasi yang banyak dilakukan oleh sejumlah anggota masyarakat melalui medium internet belakangan ini, sesungguhnya merupakan suatu realitas yang sebenarnya jauh-jauh hari sudah diramal oleh McLuhan. Ramalannya sendiri mengatakan bahwa perubahan budaya dalam kehidupan manusia itu ditentukan oleh teknologi . Sebagai representasi dari realitas kebenaran prediksi McLuhan, maka dalam konteks keterkaitan antara teknologi dan budaya, aktifitas komunikasi yang berlangsung melalui medium internet tadi, karenanya menjadi wujud fenomena komunikasi yang mencirikan perubahan budaya komunikasi dalam periode electronic age. Dalam periode ini sendiri, seperti digambarkan jauh sebelumnya oleh McLuhan, yakni sebelum meninggal pada 1980, semua orang akan menjadi anggota dusun global tunggal. Media elektronik membuat semua orang dapat bersentuhan dengan siapa saja dan di mana saja dengan sekejab.

Melalui medium internet , dari waktu ke waktu hingga dalam kenyataan terkini, sejalan dengan perkembangan teknologi media konvergensi , maka berdasarkan fenomenanya memang tampak semakin memperjelas wujud dari apa yang diramalkan McLuhan itu. Hal ini sendiri dimungkinkan sehubungan dengan perkembangan pesat teknologi media konvergen tadi, menjadikan internet dapat menyediakan berbagai macam bentuk layanannya yang nota bene semakin memudahkan orang dalam melakukan aktifitas komunikasi dan informasi. Terkait dengan fenomena kemudahan aktifitas komunikasi melalui medium internet dengan berbagai bentuk layanannya itu, tulisan ini secara khusus akan mencoba menelaah lebih jauh terhadap fenomena aktifitas komunikasi yang berlangsung melalui situs jejaring sosial. Pembahasannya akan menyangkut dua hal, pertama difokuskan terhadap permasalahan eksistensi situs jejaring sosial di internet. Kedua, difokuskan pada persoalan fenomena penggunaan internet di lingkungan Komunitas Situs Jejaring Sosial. Dengan bahasan terhadap kedua permasalahan tersebut, hasilnya diharapkan dapat menjadi pelebar cakrawala tentang fenomena komunikasi yang berlangsung melalui internet pada umumnya dan melalui situs jejaring sosial pada khususnya.

Situs Aplikasi Jejaring Sosial
Salah satu di antara sejumlah bentuk layanan yang tersedia di internet, yang mana belakangan ini cenderung sangat banyak digunakan oleh anggota masyarakat untuk melakukan aktifitas komunikasi, yaitu layanan berbentuk aplikasi jejaring sosial (social network service). Terhadap fenomena tersebut, hal itu sebenarnya memang dimungkinkan sehubungan suatu situs social network service yang ada di internet memang difokuskan pada upaya pembangunan masyarakat online dari orang-orang yang hendak berbagi pengalaman-pengalaman menarik atau menyangkut aktifitas-aktifitas yang dilakukannya. Atau, fokusnya juga diarahkan pada pembangunan masyarakat online dari orang-orang yang tertarik dalam menjelajahi pengalaman-pengalaman menarik dan aktifitas dari orang-orang lain di dunia. Singkatnya aplikasi-aplikasi tersebut menyediakan jasa bagi orang-orang untuk bersosialisasi.

Interaksi di antara sesama anggota komunitas online sendiri, dengan berbasiskan web keberlangsungannya dapat melalui beragam cara. Cara-cara itu misalnya seperti chat, instant messaging, e-mail, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya situs jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing di dalamnya.

Hingga saat ini, berdasarkan pengamatan terhadap sejumlah data, anggota masyarakat yang sudah tergabung menjadi anggota komunitas maya jumlahnya telah mencapai hampir satu miliaran lebih. Mengacu pada data Meta List buatan Judith Meskill pada 14 Pebruari 2005, anggota komunitas maya itu tergabung ke dalam 380 situs Social Networking yang dikelompokkannya menjadi sembilan (9) situs . Dari sejumlah situs dimaksud, maka berdasarkan catatan Wikipedia, hanya 155 situs web jejaring sosial saja yang umumnya aktif memfasilitasi anggota masyarakat untuk berinteraksi melalui dunia maya. Beberapa diantaranya yang banyak dijadikan anggota masyarakat untuk bergabung dengan komunitas online yaitu melalui situs MySpace dengan 261,422,883 pengguna terdaftar; Facebook 200,000,000 pengguna terdaftar; Habbo 117,000,000; Friendster 90,000,000; hi5 80,000,000; Flixster 63,000,000; Classmates.com 50,000,000; LinkedIn 42,000,000; Bebo 40,000,000; Adult FriendFinde 33,000,000; Last.fm 30,000,000; imeem 24,000,000; Mixi 20,936,509; LiveJournal 17,564,977; Geni.com 15,000,000 ; dan Multiply 10,000,000. Data lengkap mengenai hal ini disajikan dalam tabel berikut ini :

Daftar Situs web Jejaring Sosial Dunia
Name
Description/Focus
Registered users
Registration
Global Alexa[1] Page ranking

Adult FriendFinder
Adults Only Dating/Hook-up Network
33,000,000[2]
Open 64[3]

Advogato
Free and open source software developers
13,575[4]
Open 118,124[5]

Amie Street
Music Open 30,628[6]

ANobii
Books
Open 13,111[7]

aSmallWorld
European jet set and social elite
270,000[8]
Invite-only
11,655[9]

Athlinks
Running, Swimming 68,496[10]
Open 107,826[11]

Avatars United
Online games. Open 302,122[12]

Badoo
General, Popular in Europe c 35,000,000[13]
Open to people 18 and older 157[14]

Bahu
General, Popular in France, Belgium and elsewhere in Europe 1,000,000[15]
Open to people aged 13–25 19,738[16]

Bebo
General. 40,000,000[17]
Open to people 13 and older 148[18]

Bigadda
Indian Social Networking Site. 3,000,000[19]
Open to people 16 and older. 2,900[20]

Biip
Norwegian Community.
Requires Norwegian phone number. 16,645[21]

BlackPlanet
African-Americans 20,000,000[22]
Open 1,226[23]

Broadcaster.com
Video sharing and webcam chat 322,715[24]
Open
Buzznet
Music and pop-culture 10,000,000[25]
Open 498[26]

CafeMom
Mothers 1,250,000[27]
Open to moms and moms-to-be 3,090[28]

Cake Financial
Investing
Open
Care2
Green living and social activism
9,961,947[29]
Open
Classmates.com
School, college, work and the military 50,000,000[30]
Open 923[31]

Cloob
General. Popular in Iran.
Open
College Tonight
College students.
requires an e-mail address with an ".edu" ending
CouchSurfing
Worldwide network for making connections between travelers and the local communities they visit. 1,118,447[32]
Open
DeviantART
Art community 9,040,962[33]
Open 119[34]

Disaboom
People with disabilities. (Amputee, cerebral palsy, MS, and other disabilities.)
Open
dol2day
Politic community, Social network, Internet radio (German-speaking countries) 40,200[35]
Open
DontStayIn
Clubbing (primarily UK)
Open
Draugiem.lv
General (primarily LV, LT, HU) 2,400,000
Invitation only
Elftown
Community and wiki around Fantasy and sci-fi.
185,000[36]
Open, approval needed
Epernicus
For research scientists

Open
Eons.com
For baby boomers

Open to people 13 and older 13,675[37]

Experience Project
Life experiences
Open
Exploroo
Travel Social Networking. Open 257,000[38]

Facebook
General. 200,000,000[39]
Open to people 13 and older 4[40]

Faceparty
General. Popular UK. 200,000[41]
Invitation only to people 18 and older. 2,481[42]

Faces.com
British teens
Open to people 13 and older
Fetlife
People who are into BDSM 32,500[43]
Open to people "of [legal] age to see adult content" 54,198[44]

Filmaffinity
Movies and TV Series 250,000[45]
Open 4,082[46]

FledgeWing
Entrepreneural community targeted towards worldwide university students.
Open to university students
Flixster
Movies 63,000,000[47]
Open to people 13 and older 309[48]

Flickr
Photo sharing, commenting, photography related networking, worldwide
Open 37[49]

Fotolog
Photoblogging. Popular in South America and Spain. 20,000,000[50]
Open 57[51]

Friends Reunited
UK based. School, college, work, sport and streets 19,000,000[52]
Open 8,052[53]

Friendster
General. Popular in Southeast Asia. No longer popular in the western world.
90,000,000[54]
Open to people 16 and older. No children allowed. 64[55]

Frühstückstreff
General
Open
Fubar
dating, an "online bar" for 18 and older 1,200,000[56]
Open 2,609[57]

Gaia Online
Anime and games

Open to people 13 and older
GamerDNA
Computer and video games 310,000[58]
Open
Gather.com
Article, picture, and video sharing, as well as group discussions 465,000[59]
Open
Geni.com
Families, genealogy 15,000,000[60]
Open
Goodreads
Library cataloging, book lovers
Open 5,305[61]

Gossipreport.com
Anonymous gossip
Open to people 16 and older
Grono.net
Poland

Open
Habbo
General for teens. Over 31 communities worldwide. Chat Room and user profiles.
117,000,000[62][63][64]
Open to people 13 and older 4,050[65]

hi5
General. Popular in India,Portugal, Mongolia, Thailand, Romania, Jamaica, Central Africa and Latin America. Not popular in the USA.
80,000,000[66]
Open to people 13 and older. No children allowed. 27[67]

Hospitality Club
Hospitality 328,629[68]
Open
Hyves
General, Most popular in the Netherlands.
8,000,000[69]
Open 216[70]

imeem
Music, Video, Photos, Blogs 24,000,000[71]
Open 140[72]

Indaba Music
Online music collaboration, remix contests. Users in 175 countries. 125,000[73]
Open 62,781[74]

IRC-Galleria
Finland 505,000[75]
Open to Finnish speaking people 12 and older
italki.com
Language learning social network. 100+ languages. 450,000
Open. Global. 15,500[76]

InterNations
International community
Invite-only
30,147[77]

itsmy
Mobile community worldwide, blogging, friends, personal TV-shows 2,500,000[78]

iWiW
Hungary
4,000,000[79]
Invite-only

Jaiku
General. Owned by Google.

Now available to all.
Jammer Direct
Creative resource website
Open to the General Public
kaioo
General, nonprofit 30,000[80]

Kaixin001
General. In Simplified Chinese; caters for mainland China users
Open to the General Public
Kiwibox
General. For the users, by the users, a social network that is more than a community. 2,400,000[81]
Open to people 13 and older. 22,693[82]

Last.fm
Music 30,000,000[83]
Open to people 13 and older 262[84]

LibraryThing
Book lovers 400,000[85]
Open to people 13 and older
lifeknot
Shared interests, hobbies
Open to people 18 and older.
LinkedIn
General but mainly business 42,000,000[86]
Open to people 18 and older. 192[87]

LiveJournal
Blogging 17,564,977[88]
Open (OpenID)
56[89]

Livemocha
Online language learning - dynamic online courses in 22 languages - world’s largest community of native language speakers. 3,000,000[90]
Open 5,505[91]

LunarStorm
Sweden [92]
Open
MEETin
General
Open
Meetup.com
General. Used to plan offline meetings for people interested in various activities.
Open to people 18 and older.
Meettheboss
Business and Finance community, worldwide. Open
Mixi
Japan
20,936,509[93]
Invite-only
64[94]

mobikade
mobile community, UK only
Open to people 18 and older
MocoSpace
mobile community, worldwide 3,000,000[95]
Open to people 14 and older
MOG
Music
Open to people 14 and older
Multiply
"Real world" relationships. Popular in Asia. Not popular in the western world.
10,000,000[96]
Open to people 13 and older. No children allowed. 150[97]

Muxlim
Muslim portal site 50,000[98]
Open to people 13 and older 94,338[99]

MyAnimeList
Anime themed social community 160,000[100]
Open to people 13 and older 4,500[101]

MyChurch
Christian Churches 144,295[102]
Open 33,621[103]

MyHeritage
family-oriented social network service 30,000,000 [104]
Open 4,735[105]

MyLife.com
Locating friends and family, keeping in touch (formerly Reunion.com)
51,000,000[106]
Open 2,311[107]

MyLOL
General. Popular in the United States, Europe and Australia. 32,000[108]
Open to ages 13 and up. 253,145[109]

MySpace
General. 261,422,883[not in citation given][110]
Open to ages 13 and up. 11[84]

myYearbook
General 5,100,000[111]
Open to age 13 and up & Grades 9 and up 894[112]

Nasza-klasa.pl
School, college and friends. Popular in Poland. 12,000,000[113]
Open
Netlog
General. Popular in Europe and Québec province. Formerly known as Facebox and Redbox. 42,000,000[114]
[115]
Open to people 13 and older 102[116]

Nettby
Norwegian Community.
Open
Nexopia
Canada 1,400,000[117]
Open to people 14 and older 4,362[118]

Ning
Users create their own social websites and social networks
Open to people 13 and older 566

Odnoklassniki
General. Popular in Russia and former Soviet republics 37,000,000
Open 42[119]

OkCupid
Social networking and dating
Open to people 18 and older
One.lv / One.lt / One.ee
General (Popular in Baltics, mostly Russian speaking) 1,000,000
Open
OneClimate
Not for Profit Social networking and Climate Change

Open to People of all ages and locations
OneWorldTV
Not for Profit Video sharing and social networking aimed at people interested in social issues, development, environment, etc.
Open
Open Diary
First online blogging community, founded in 1998. 5,000,000[120]
Open to people 13 and older 25,713[121]

Orkut
Owned by Google. Popular in India and Brazil.
67,000,000[122]
Open to people 18 and older, (Google login)
112[123]

OUTeverywhere
Gay/LGBTQ Community

Open
Passportstamp
Travel
Open
Pingsta
Collaborative platform for the world's Internetwork Experts

Invite-only, only Internet Experts
Plaxo
Aggregator 15,000,000[124]
Open
Playahead
Swedish, Danish,Norwegian teenagers
Open
Playboy U
Online college community
Open to college students with .edu e-mail address
Plurk
Micro-blogging, RSS, updates
Open 27,061[125]

Present.ly
Enterprise social networking and micro-blogging
Open
quarterlife
A social network for artists, filmmakers, musicians, and creative people
Open to people 14 and older
Ravelry
Knitting and crochet 331,000[126]
Invite-only while in beta

ResearchGATE
Social network for scientific researchers 30,000
Open
Reverbnation
Social network for musician and bands 25,000
Open to people 16 and older
Ryze
Business 500,000[127]
Open 20,162[128]

scispace.net
Collaborative network site for scientists
By invitation, but can request an invitation
Shelfari
Books
Open
Skyrock
Social Network in French-speaking world 22,000,000[129]
Open 41[130]

SocialGO
A social network builder that allows users to build their own online communities
Open to people 18 and older. 8,457[131]

SocialVibe
Social Network for Charity 435,000
Open
Sonico.com
General. Popular in Latin America and Spanish and Portuguese speaking regions. 17,000,000[132][133]
Open to people 13 and older. 297[134]

Soundpedia
Music Open 154,672[135]

Stickam
Live video streaming and chat. 2,000,000[136]
Open
StudiVZ
University students, mostly in the German-speaking countries. School students and those out of education sign up via its partner sites SchulerVZ and Meinvz. 8,000,000[137]
Open
Tagged.com
General 70,000,000[138]
Open 94[139]

Talkbiznow
Business networking Open 395,824[140]

Taltopia
Online artistic community
Open
TravBuddy.com
Travel
Open
Travellerspoint
Travel
Open
tribe.net
General
Open 3,517[141]

Trombi.com
French subsidiary of Classmates.com 4,400,000[142]

Tuenti.com
Spanish-based university and High School social network. Very Popular in Spain 4,500,000
Invite-only 587[143]

Tumblr
General. Micro-blogging, RSS
Open 587[144]

Twitter
General. Micro-blogging, RSS, updates 25,000,000[145]
Open 599[146]

V Kontakte
Russian social network. 37,140,000[147]
Open 29[148]

Vampirefreaks
Gothic and industrial subculture 1,931,049[149]
Open to users 13 and over
Viadeo
European Social Networking and Campus Networking in Seven Languages 6,000,000[150]
Open
Vox
Blogging
Open 1,549[151]

Wasabi
General
Open
WAYN
Travel and lifestyle 10,000,000[152]
Open to people 18 and older 823[153]

WebBiographies
Genealogy and biography

Open
Windows Live Spaces
Blogging (formerly MSN Spaces) 120,000,000[154]
Open 5[155]

Wis.dm
Questions and answers about anything and everything 50,000[156]
Open
WiserEarth
Online community space for the social justice and environmental movement[157]
25,800[158]
Open to people 18 and older 114,942[159]

Xanga
Blogs and "metro" areas 27,000,000[160]
Open 230[161]

Xiaonei
Significant site in China 15,000,000[162]
Open
XING
Business (primarily Europe (Germany, Austria, Switzerland) and China) 7,000,000[163]
Open 1,814[164]

Xt3
Catholic social networking, created after World Youth Day 2008 Open
Yammer
Social networking for office colleagues
Must have company email
Yelp, Inc.
Local Business Review and Talk
Open
Youmeo
UK Social Network (focus on data portability)
Open
Zoo.gr
Greek Web Meeting point 890,000[165]
Open 5,634[166]

Sumber : Wikipedia, 2009.

Popularitas situs-situs jejaring sosial di lingkungan pengguna internet, dengan pengecualian pada situs Facebook, pada umumnya juga menunjukkan adanya perbedaan dari segi komunitas menurut benua tempat pengguna menetap. Menurut catatan Wikipedia maka yang akrab di lingkungan pengguna Amerika Utara misalnya, yaitu situs-situs seperti MySpace, Twitter and LinkedIn. Sementara di Kanada komunitas maya banyak menggunakan Nexopia. Bebo, Hi5, MySpace, dol2day banyak digunakan di Germany. Tagged, XING; Badoo and Skyrock digunakan oleh komunitas di sebagian Eropa. Orkut and Hi5 ini terkenal di South America dan Central America. Sedang situs-situs seperti Friendster, Multiply, Orkut, Wretch, Xiaonei and Cyworld umumnya populer dilingkungan pengguna internet di Asia dan Kepulauan Pacific.

Fenomena Komunitas Situs Jejaring Sosial
Pada intinya aplikasi-aplikasi tersebut sebenarnya ditujukan untuk membangun komunitas online bagi orang-orang yang mempunyai interest atau aktivitas yang sama, atau untuk orang-orang yang tertarik guna mengetahui interest dan aktivitas orang lain (teman). Namun begitu, dengan adanya perbedaan popularitas sebuah situs jejaring sosial di lingkungan pengguna internet tadi, di sisi lain itu tentu dapat menjadi indikasi kalau sesungguhnya, kemudahan berkomunikasi yang difasilitasi oleh beragam situs jejaring sosial di internet ternyata tidak serta merta membuat setiap orang untuk mau mengadopsinya. Dengan kata lain, kemunculan perbedaan popularitas dari sejumlah situs jejaring sosial tadi setidaknya memberikan suatu indikasi bahwa para pengguna situs jejaring sosial itu memiliki karakteristiknya sendiri yang cenderung tidak homogen.

Heterogenitas itu sendiri memang dimungkinkan karena setiap orang memiliki pengalaman, motif dan sikap yang relatif berbeda dalam kaitan keterlibatannya dengan situs-situs jejaring sosial di internet. Seperti menyangkut pengalaman misalnya, seseorang belum menjadi terkoneksi dengan Hi5 mungkin karena belum pernah ada yang mengundangnya secara online. Atau, bisa jadi seseorang itu hanya baru sebatas pengguna yang belum memiliki akun di situs jejaring sosial manapun. Begitu juga dengan motif, seseorang yang banyak mendapat ajakan untuk bergabung dengan Facebook misalnya, maka tetap saja tidak akan pernah bergabung sehubungan dia memang tidak punya motif apa-apa terhadap situs Facebook.

Penjelasan lain terkait dengan fenomena pemanfaatan situs jejaring sosial (social networking site) sebagai sarana aktifitas komunikasi anggota masyarakat ini, juga dinyatakan ada kaitannya dengan perilaku pengguna. Disebutkan bahwa pengguna itu sering berusaha untuk mengumpulkan teman atau berusaha untuk menyambung teman sebanyak mungkin . Dengan demikian, sudah tidak aneh lagi kalau pengguna sering mendapat tawaran untuk menjadi teman dari orang lain yang mereka tidak kenal. Beberapa pengguna akan membuat profil tambahan yang menyamar identitas orang lain, seperti bintang film atau fiktif karakter.

Penelitian-penelitian menyangkut karakteristik maupun pola perilaku anggota komunitas maya yang terbentuk melalui jaringan situs jejaring sosial, berdasarkan pengamatan memang masih relatif sulit ditemukan. Namun, di antara penelitian yang berkaitan dengan komunitas jejaring sosial yang berhasil ditemukan, maka tersebutlah penelitian survey tentang eksistensi Facebook yang dilakukan oleh Ohio University. Hasilnya menyebutkan bahwa mahasiswa yang kerap menggunakan Facebook ternyata menjadi malas dan bodoh. Studi yang mengambil sampel 219 mahasiswa Ohio State University tersebut, juga menemukan bahwa semakin sering mahasiswa menggunakan Facebook, semakin sedikit waktu mahasiswa belajar dan semakin buruklah nilai-nilai mata pelajaran mahasiswa.

Di tengah miskinnya pelaksanaan riset mengenai komunitas situs jejaring sosial, yang nota bene menyebabkan keringnya informasi mengenai komunitas maya itu, namun informasi-informasi empirik yang disajikan melalui banyak media mengenai persoalan dimaksud, masih bisa dijumpai. Dari sejumlah opini yang kerap muncul seperti melalui medium internet, dari segi sikap pengguna misalnya, maka penyebab seseorang menjadi anggota komunitas suatu situs itu diantaranya disebutkan karena disebabkan alasan ikut-ikutan. Ketika media mengangkat fenomena ini, orang menjadi tertarik untuk mendapatkan manfaat dari Facebook , walaupun tidak sedikit yang hanya didorong oleh keinginan untuk ‘pernah’ dan tahu saja. Iseng dan biar gaul juga disebutkan sebagai alasan lain dari kepesertaan individu dalam komunitas online. Ada juga karena alasan untuk memenuhi kebutuhan. Kebutuhan itu bisa untuk membangun network, mendapat informasi, mencari teman, ingin sharing, ingin dikenal orang, atau bahkan untuk mendukung pekerjaan. Namun demikian, terkait dengan motif ini, beberapa pihak sudah ada yang mencoba mengkonseptualisir fenomena motif penggunaan situs jejaring sosial itu. Menurut Peter Kollock (1999) misalnya, disebutkannya ada tiga motivasi yang mendorong individu itu untuk berkontribusi terhadap situs jejaring sosial, yaitu : Berharap Orang Lain Berbuat Yang Sama; Menambah Pengakuan; Rasa Mampu Berbuat Sesuatu. Motivasi ini kemudian dilengkapi oleh Mark Smith (1992) dengan menambahkan motif Rasa Berkomunitas.

Temuan lainnya menyangkut fenomena penggunaan situs jejaring sosial ini adalah berkaitan dengan iklim organisasi ditempat anggota komunitas maya bekerja. Dalam hubungan ini, berdasarkan pengamatan di lingkungan tempat bekerja, tidak sedikit pegawai yang mengalihkan masa-masa kerjanya untuk melakukan aktifitas komunikasi melalui situs jejaring sosial ini . Keadaan ini tentu menjadi negatif sifatnya bagi organisasi, diantaranya berakibat turunnya jumlah jam kerja efektif, turunnya konsentrasi kerja pegawai, dan lain sejenisnya seperti pemunculan potensi akselerasi perwujudan citra buruk organisasi. Bahkan, karena banyak pegawai yang ketika jam kerja membuka Facebook dan membuat kinerja mereka menurun, beberapa perusahaan akhirnya menutup akses situs jejaring sosial ini di area perkantorannya.

Opini lain yang dicetuskan sebagai reaksi terhadap aktifitas komunikasi yang berlangsung melalui situs Social Networking ini yaitu berupa pengharaman Forum Musyawwarah Pondok Pesantren Putri (FMPP) se-Jawa Timur terhadap penggunaan forum jejaring sosial, seperti, "friendster", "facebook", yang berlebihan. "Berlebihan itu antara lain jika penggunaannya menjurus pada perbuatan mesum, dan yang tidak bermanfaat, ...................penggunaan forum jejaring sosial, seperti, "friendster", "facebook", maupun media komunikasi lainnya, seperti "audio call", "video call", SMS, 3G yang diperbolehkan adalah yang membawa manfaat, seperti dagang, "khitbah" (lamaran), jual-beli, maupun dakwah.", kata Humas FMPP, Nabil Harun di Kediri Jawa Timur Jumat. Jadi, dengan mengacu pada sikap keras FMPP terhadap pengguna itu, kiranya ini juga menandakan bahwa di antara kalangan pengguna situs jejaring sosial itu, ada yang perilaku aktifitas komunikasinya sudah mencapai hingga kadar maniak. Meskipun demikian, tidak sedikit pula yang diketahui hanya sekedar ikut-ikutan belaka, sebagaimana sudah dibahas sebelumnya. Namun, dengan karakteristik pengguna yang dikotomistis ini, kiranya semakin menguatkan tanda bahwa karakteristik pengguna situs jejaring sosial itu , pada dasarnya memang cenderung tidak sama.

Penutup
Beberapa di antara situs web jejaring sosial yang banyak dijadikan anggota masyarakat untuk bergabung dengan komunitas online yaitu melalui situs MySpace dengan 261,422,883 pengguna terdaftar; Facebook 200,000,000 pengguna terdaftar; Habbo 117,000,000; Friendster 90,000,000; hi5 80,000,000; Flixster 63,000,000; Classmates.com 50,000,000; LinkedIn 42,000,000; Bebo 40,000,000; Adult FriendFinde 33,000,000; Last.fm 30,000,000; imeem 24,000,000; Mixi 20,936,509; LiveJournal 17,564,977; Geni.com 15,000,000 ; dan Multiply 10,000,000.

Popularitas situs-situs jejaring sosial di lingkungan pengguna internet, dengan pengecualian pada situs Facebook, umumnya juga menunjukkan adanya perbedaan dari segi komunitas menurut benua tempat pengguna menetap. Di lingkungan pengguna yang menetap di wilayah Amerika Utara, maka yang populer digunakan yaitu situs-situs seperti MySpace, Twitter and LinkedIn. Di Kanada, komunitas maya banyak menggunakan Nexopia. Bebo, Hi5, MySpace, dol2day banyak digunakan di German. Tagged, XING; Badoo and Skyrock digunakan oleh komunitas di sebagian Eropa. Orkut and Hi5 ini terkenal di wilayah South America dan Central America. Sedang situs-situs seperti Friendster, Multiply, Orkut, Wretch, Xiaonei and Cyworld umumnya populer dilingkungan pengguna internet di Asia dan Kepulauan Pacific.

Aplikasi jejaring sosial (social network service) atau situs jejaring sosial merupakan salah satu dari sejumlah bentuk layanan yang tersedia di internet yang belakangan ini sangat banyak digunakan anggota masyarakat untuk melakukan aktifitas komunikasi. Aktifitas komunikasi melalui situs jejaring sosial dapat melalui beragam cara, diantaranya yaitu melalui chat, instant messaging, e-mail, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup.

Dalam pemanfaatannya, berdasarkan fenomenanya diketahui bahwa para pengguna situs jejaring sosial itu cenderung memiliki karakteristik yang tidak homogen. Heterogenitas itu dimungkinkan karena setiap orang memiliki pengalaman, motif dan sikap yang relatif berbeda dalam kaitan keterlibatannya dengan situs-situs jejaring sosial di internet. Motif mereka juga beragam dalam beraktifitas melalui situs jejaring sosial. Namun keragaman motif ini oleh sejumlah akademisi diredusir menjadi empat, yaitu : motif Berharap Orang Lain Berbuat Yang Sama; Menambah Pengakuan; Rasa Mampu Berbuat Sesuatu dan motif Rasa Berkomunitas.

Terkait dengan dampak sosial dari fenomena aktifitas komunikasi melalui situs jejaring sosial itu, maka berdasarkan temuan riset serta opini-opini yang mengemuka diantaranya diketahui bahwa aktifitas dimaksud cenderung dapat mengganggu iklim kerja dalam suatu organisasi. Di samping itu, juga dianggap dapat mengganggu daya intelekualita dan merusak kadar moralitas orang.
ooo
Daftar Pustaka
Buku :
Mc Luhan, Marshal, ”Technology Determinism”, In A First Look at Communication Theory, Fifth Edition, by EM Griffin, New York, McGraw Hill, 2003.
Tjiptono, Fandy dan Totok Budi Santoso, Strategi Riset Lewat Internet, Edisi 1 Cetakan 2, Yogyakarta, ANDI,2001.
Internet:
Forum Musyawwarah Pondok Pesantren Putri (FMPP) se-Jawa Timur, “Situs Jejaring Sosial Diharamkan jika Berlebihan”, dalam http://www.ict.pesantrenglobal.org/index.php?option=com_content&view=article&id=79:situs-jejaring-sosial-diharamkan-jika-berlebihan&catid=7:khabar&Itemid=34, sebagaimana dikutip dari KB Antara.
Judith Meskill, J., “The-Social-Networking-Services-Meta-List”,dalam http://socialsoftware.weblogsinc.com/2005/02/14/home-of-the-social-networking-services-meta-list/; 7 juli 09
Ridwann, M., Jejaring Sosial (Social Networking), dalam : http://www.ridwanforge.net/blog/jejaring-sosial-social-networking=
Wikipedia, dalam http://en.wikipedia.org/wiki/Online_social_networking
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_social_networking_websites
http://en.wikipedia.org/wiki/Internet_social_network
http://sharkofagus.com/2009/03/privasi-dalam-aplikasi-jejaring-sosial-berbasis-lokasi-1/7juli09
http://pantek.wordpress.com/2007/02/04/komunitas-maya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar